Merek ban asal Jepang, Falken akhirnya diperkenalkan secara resmi di Indonesia pada Senin, (18/5) di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Setelah sebelumnya selama lebih dari 10 tahun ban Falken hanya diimpor dari negara lain yang memang memasarkan Falken.

Kali ini Falken yang produksinya sudah dilokalisir oleh PT Sumi Ruber Indonesia di tanah air akhirnya dijual. PT. Stamford Tyres Distributor Indonesia pun ditunjuk untuk mengedarkan ban ini di wilayah Pulau Jawa.

“Kami memulainya dengan Sincera SN 832i, yakni ban berstandar desain Eropa untuk mobil kecil seperti jenis City Car atau Small MPV,” ungkap Deputy General Manager PT Sumi Rubber Indonesia Imam Oedarto. Ban ini diungkapkan Imam merupakan produk perdana Falken yang diproduksi di Indonesia.

Small MPV dan City Car merupakan peruntukkan ban Sincera SN 8321. Ban tersebut tersedia untuk lingkar pelek 12 inci hingga 16 inci dalam berbagai aspek rasio. Adapun harga ban Falken Sincera SN 832i adalah Rp 438.000- 837.000 (Harga Eceran Tertinggi, HET-Red).

Harga yang memang lebih kompetitif dibandingkan para kompetitornya tersebut diungkapkan Imam karena kualitas ban yang lebih bagus dan umur pakai yang lebih panjang, yakni mencapai 13% lebih lama.