Ekonomi & Bisnis

Pertahankan Tiga Besar, Falken Rilis Produk Baru

07-11-2016

Surabaya, beritasurabaya.net – Pasar ban mobil domestik berkembang pesat setiap tahunnya. Ini dampak positif dari pertumbuhan industri mobil dalam negeri yang dalam 4 tahun terakhir angka penjualan menunjukkan jumlah di atas 1 juta unit mobil setiap tahun.

Menurut GM PT Stamford Tyres Distributor Indonesia, Erwin Chua, di sela peluncuran produk terbaru Falken ZIEX ZE 914, akhir pekan lalu, 5 tahun lalu konsumsi ban di Indonesia mencapai 700 ribu hingga 800 ribu per bulan. Saat ini, konsumsi ban mencapai 1 juta per bulan.

Sementara permintaan ban mobil khususnya di pasar replacement dalam negeri mencapai 11 juta unit dengan peningkatan rata-rata 10 persen tiap tahunnya dalam 4 tahun terakhir. “Jumlah pemain di industri ban di Indonesia cukup banyak yakni 4 perusahaan PMA dan 3 perusahaan lokal. Tingkat persaingan cukup ketat dan kami mampu masuk dalam tiga besar di pasar ban impor hingga 2016 ini,”tukas Erwin.

Tahun 2017, Erwin menegaskan, Falken targetkan tetap bertahan di 3 besar. Untuk mempertahankan posisi ini, Falken berupaya memenuhi kebutuhan pasar ban.

Pada Mei 2015, Falken meluncurkan ban mobil Falken SN 832i kelas standar comfort mulai ring 12 sampai ring 16 sebanyak 27 ukuran. Menjelang akhir tahun ini, Falken kembali mengeluarkan 17 ukuran ban mobil Falken yakni ZIEX ZE 914 produk baru hasil pengembangan teknologi kompon kaya silica dan ikatannya dengan polimer.

”Ini memberikan umur pakai ban lebih panjang 20 persen dibandingkan produk yang sudah ada. Peningkatan daya cengkeram 14 persen lebih baik di jalan basah dan hemat bahan bakar 27 persen dibandingkan produk yang sudah ada,”paparnya.

Erwin optimistis dengan hadirnya produk baru ban Falken ZIEX ZE 914 akan memberikan tambahan pilihan kepada para konsumen pemakai ban Falken yakni ban unggulan yang sangat peduli dengan keamanan, ekonomis.

Falken, kata Erwin, menjual ban ukuran 12-16 untuk kebutuhan pasar ban mobil, dibuat di pabrik yang ada di Indonesia. Ban ukuran 14-20 diimpor dari Thailand dan ban ukuran 18-22 diimpor dari Jepang yang merupakan ban OE atau ban-ban yang ukurannya bisa di-up size.

Sejak 3 tahun lalu, Falken memasarkan produksinya sendiri di Indonesia mengingat potensi pasarnya cukup tinggi. Bahkan kebutuhan pasar mobil LCGC peningkatannya signifikan.

”Dari total penjualan, kontribusi 50 persen dari ban yang diproduksi di Indonesia, 45 persen Thailand dan 5 persen Jepang,”pungkasnya. (nos)

 

http://www.beritasurabaya.net/index_sub.php?category=7&id=17347&tags=Pertahankan-Tiga-Besar,-Falken-Rilis-Produk-Baru